Sentra persiapan adalah pusat kegiatan bermain untuk mempersiapkan anak mengenal tulisan, huruf dan menghitung. Kegiatan ini guna membantu anak mempersiapkan diri memasuki sekolah dasar.
Persiapan Kemampuan Membaca
(VISUAL, AUDITORY & KOORDINASI GERAKAN OTOT BICARA)
(VISUAL, AUDITORY & KOORDINASI GERAKAN OTOT BICARA)
Membaca adalah aktifitas belajar yang dominan memerlukan indera visual dan juga melibatkan fungsi penginderaan lain di otak.
Kemampuan yang diperlukan untuk membaca
• Mengenal bentuk
• Mengenal perbedaan bunyi huruf
• Mengenal rangkaian (pola)
• Mengenal perbedaan intonasi
Persiapan Kemampuan Menulis
• Visual Attention/recognition: perhatian visual mengenai bentuk huruf-huruf dan mengenalnya kembali
• Motorik: gerakan motorik halus (fine motor)
• Visuo senso motorik: gerakan tangan yg dikoordinasikan oleh mata dan rasaan propioseptic
• Visuo Spasial: kemampuan menempatkan posisi tubuh dalam ruang atau posisi alat gerak terhadap tubuh
Visual auditorik memori: mengenal kembali apa yang pernah ditulis dan di dengar
Kemampuan yang diperlukan untuk membaca dan menulis
• Mengenal bentuk
• Mengenal perbedaan bunyi huruf
• Mengenal rangkaian (pola)
• Kekuatan jari-jari tangan
• Kelenturan gerakan pergelangan tangan
Main yang mendukung keaksaraan untuk anak usia 1-2 tahun
• Bernyanyi lagu dengan irama sederhana yang diulang-ulang disertai gerakan sederhana
• Membacakan buku yang sudah dikenal anak
• Mengajak anak bertepuk tangan mengikuti irama
• Menyebut nama anak dengan perlahan menurut suku katanya.
• Bermain dengan berbagai bentuk
• Bermain puzzle tunggal
• Melibatkan anak saat membereskan mainan yang sudah digunakannya untuk mengenalkan klasifikasi.
• Memperkuat
motorik kasar anak dengan membolehkan anak berlari, dan bergerak bebas,
serta melatih kekuatan motorik halusnya dengan cara memegang, meremas,
menjumput, menjepit, merobek kertas, dll.
Kegiatan yang mendukung kemampuan menulis anak 2-3 tahun
• Membuat coretan pada kertas besar dengan crayon atau spidol.
• Membuat coretan dengan batang kayu di tanah atau pasir
• Melukis dengan cat jari
• Menjepit biji-bijian atau buah-buahan terbuat dari kayu dengan wadah dan penjepit.
• Mengocok air sabun dengan alat pengocok telur
• Meremas: daun, koran bekas, parutan kelapa, ublek, tanah lempung, playdough, dll.
• Mencetak playdough, tanah liat, pasir basah dengan cetakan huruf
• Kegiatan menggunting: kertas bekas dengan berbagai ketebalan, daun, atau bahan lainnya
• Gambar tahap menggunting
• Gambar tahap menggambar/melukis
• Gambar tahap meronce
• Gambar tahap menulis
Main keaksaraan untuk mendukung kemampuan membaca anak usia 4-6 tah
• Buku – buku – buku – buku
• Membolehkan anak untuk memilih buku cerita yang diminatinya
• Menuliskan nama anak, lalu anak menyusunnya dengan menggunakan kartu huruf
• Menuliskan kegiatan yang dikerjakan anak, misalnya menuliskan menu bila praktek memasak, menuliskan ceritanya.
• Mendiskusikan kata baru yang didapatkan dari buku bacaan.
• Bermain menyelesaikan kata, misalnya bo + la = bola
• Menggabungkan kartu suku kata dengan mencocokkan kata yang telah dibuat kader
• Memancing kartu huruf sesuai nama sendiri
• Mencetak huruf dengan playdough sesuai dengan namanya
• Mencari kartu yang bertuliskan nama temannya
• Membaca puisi yang memuat kata-kata yang hampir sama hurufnya, misalnya Tari senang menari, Tari juga senang berlari, dst
• Membuat cerita dari kumpulan kalimat yang diucapkan anak.
• Menuliskan
nama anak dengan mengubah huruf awal dengan huruf yang sedang
diperkenalkan, misalnya mengenalkan huruf S, nama Kania jadi Sania,
Tiara menjadi Siara, dst. Anak diminta untuk membaca nama dan menebak
nama siapa yang dituliskan.
• Mengelompokkan nama binatang yang huruf depannya sama, misalnya katak, kura-kura, kadal, dst.
Penataan Ruang Sentra Persiapan
Pijakan awal main sentra persiapan
Pijakan saat bermain
STRATEGI PEMBELAJARAN SENTRA PERSIAPAN (Readiness Centre)
Sentra persiapan adalah pusat kegiatan
bermain untuk mempersiapkan anak mengenal tulisan, huruf dan menghitung.
Kegiatan ini guna membantu anak mempersiapkan diri memasuki sekolah
dasar.
A. Kegiatan
* Mengenalkan huruf
* Bermain kartu kata
* Mengenalkan kata-kata yang bunyinya sama
* Finger painting
* Bermain warna
* Menirukan tulisan
* Bermain dengan menghitung angka
* Bermain komputer, dsb
* Mengenalkan huruf
* Bermain kartu kata
* Mengenalkan kata-kata yang bunyinya sama
* Finger painting
* Bermain warna
* Menirukan tulisan
* Bermain dengan menghitung angka
* Bermain komputer, dsb
B. Alat Permainan yang dibutuhkan
* Buku cerita
* Kartu huruf
* Lambang-lambang tulisan
* Gambar-gambar
* Alat tulis
* Kertas
* Spidol
* Krayon
* Cat
* Komputer, dsb
* Buku cerita
* Kartu huruf
* Lambang-lambang tulisan
* Gambar-gambar
* Alat tulis
* Kertas
* Spidol
* Krayon
* Cat
* Komputer, dsb
C. Langkah-langkah kegiatan
Sebelum memulai kegiatan, anak diberikan arahan, bukan dengan perintah. Secara bersama-sama guru dan anak menentukan aturan, misalnya tata tertib ketika berada di sentra tersebut. Setelah anak bersepakat, biarkan anak untuk memulai permainan.
1). Kegiatan mengenal huruf
Sebelum memulai kegiatan, anak diberikan arahan, bukan dengan perintah. Secara bersama-sama guru dan anak menentukan aturan, misalnya tata tertib ketika berada di sentra tersebut. Setelah anak bersepakat, biarkan anak untuk memulai permainan.
1). Kegiatan mengenal huruf
- Sebuah kertas bertuliskan Aa sampai Zz telah disiapkan terlebih dahulu.
- Untuk anak yang memilih kegiatan ini biarkan ia mengamati, mengeksplorasi, terlebih dahulu tulisan-tulisan tersebut.
- Guru-orangtua menuliskan kata-kata dikertas kecil dan anak-anak diminta mencari huruf-huruf yang ditulis oleh guru-orang tua bila sudah diperlihatkan kepada guru-orangtua
- Kata-kata yang sudah ditemuka anak difilekan oleh guru-orangtua dalam map masing-masing anak.
2). Bermain kartu kata. Ambil
kartu kata yang ada di file anak, pastikan anak telah mengenalnya.
setelah itu kenalkan kata-kata baru, kemudian acak dan ajak anak untuk
menar kata baru tersebut.
3). Menirukan tulisan.
Sediakan kertas-kertas putih yang diberi tulisan, lalu anak diajak untuk
membuat tulisan tersebut, dibawah tulisan guru-orangtua. Pastikan anak
senang melakukannya.
4). Finger painting. Anak-anak
dibiarkan untuk mencampur warna yang dia sukai, dan mengaduk-ngaduknya
dengan tangan dan jarinya. Siapkan kertas yang tebal, lalu ajak anak
membentuk apa saja yang dia sukai diatas kertas tersebut.
5). Mengenal kata-kata yang berawalan, misalnya : makan, mandi, meja, minum, muka, dsb.
6). Membacakan cerita, bacakanlah cerita kepada anak baik secara group maupun klasikal, lalu adakan tanya jawab.
7). Mengucapkan kata-kata yang menggunakan gambar seperti : Apel, Ayam, Sapi, dll disertai gambarnya
8). Bermain Komputer. Pastikan
komputer telah siap digunakan, anak-anak bermain komputer sesuai dengan
keinginannya. Anak bisa membuat gambar dari garis, atau permainan
lainnya.
SEMOGA BERMANFAAT
terimakasih
BalasHapusTerimakasih,,,ini sangat membantu bagi guru sentra persiapan yang masih pemula,seperti saya,,jadi tahu bagaimana menata pijakan saat main di sentra persiapan,,
BalasHapusTerimakasih atas ilmunya.ini sangat bermanfaat sekali buat saya...
BalasHapusTerimakasih.sangat bermanfaat
BalasHapus